Halaman

Senin, 16 Juli 2012

Lampu Merah Terus Menyala Walau sudah Di reset Printer Epson T10, T11, T 20, C90, TX111, TX121

 

Kenapa printer Epson sudah direset, tetapi lampu merah terus menyala? Itu karena Catridge tidak terdeteksi. Diartikel kali ini saya akan menulis bagaimana cara mengatasi atau memperbaiki lampu merah terus menyala walau sudah direset pada printer Epson T10, T11, T20, C90, TX111, TX121 dan jenis Epson TX lainnya.

Ada beberapa kemungkinan Catridge pada printer Epson tidak dapat terdeteksi; kemungkinan Catridge tidak tepat terpasang dirumah catridge, solusinya coba lepaskan Catridge dan pasang kembali. Pin Catridge yang kotor, solusinya coba bersihkan dengan penghapus pensil di bagian yang dikasih panah ini. Kalau diperlukan kerik saja dengan menggunakan cutter. Tapi ngeriknya tipis saja.

catridge tidak terdeteksi 



Kalau Catridge belum juga terdeteksi, kemungkinan Catridge Epson memang rusak, artinya Catridge Epson harus diganti yang baru.

Kemungkinan yang lainnya adalah Board Printer Epson telah mengalami kerusakan. Nah..kalau Boardnya yang rusak, solusinya bagaimana? Coba simak tulisan berikut yang saya temukan saat browsing. Berikut Cara Service Epson C90, T10, T11, T20 dan seri TX yang Catrdigenya tidak terdeteksi :

• Bongkar printer dan ambil boardnya
• Perhatikan gambar berikut ini, dibagian yg saya lingkari itu adalah "fuse atau sekring" kecil. simbolnya F, dan itulah penyebab kenapa catridge epson tidak terdeksi walaupun sudah diganti dengan catridge yang baru. jadi sekringnya putus. Anda dapat mengeceknya dengan menggunakan Multitester dengan OHM meternya, kalo nggak menunjuk angka nol berarti sekring putus.

Catridge Epson rusak


• Ganti sekring yg putus itu dengan sekring yang masih OK anda dapat mencarinya di board komputer yang rusak. Atau kalau anda susah mencari, diakali saja dengan menggantinya dengan kabel satu serabut saja (langsung dihubungkan / di jumper ). Tapi cara ini beresiko kalo terjadi konslet ulang.
• Pasang kembali board perinternya dan silahkan dicoba.

Kerusakan catridge epson tidak terdeteksi dengan ciri lampu merah menyala terus ini disebabkan oleh :

1. Konsletnya rumah catridge karena tinta yang bocor.
2. Kotoran dan debu yang lembab.
3. Faktor lainnya.....


Demikian Tulisan Cara Memperbaiki Printer Epson Printer Epson T10, T11, T20, C90, TX111, TX121 Catrdige Tidak Terdeteksi dengan ciri2nya printer epson sudah direset, tetapi lampu merah terus saja menyala. Referensi tulisan berikut saya temukan di http://solution-computer.blogspot.com/2011/01/berikut-ini-saya-akan-mencoba-berbagi.html Semoga Bermanfaat.

Tidak ada komentar:
Write komentar

Maaf sebelumnya bila ,coment Anda tidak langsung kami balas . karena kesibukan . dan keterbatasan kami . terima kasih atas kunjungannya dan commentnya semoga tambah maju