Halaman

Kamis, 31 Januari 2013

Cara Memilih CD /DVD agar tidak mudah rusak

 

CD/DVD kini sudah menjadi media yang lazim digunakan untuk menyimpan data, baik itu data pekerjaan, data multimedia, dll. Ukuran fisiknya yang cukup kecil serta mudah untuk dibawa kemana-mana menjadikan CD/DVD menjadi media favorit untuk menyimpan data.
Saat ini, selain CD maupun DVD, kita juga mengenal adanya HD-DVD dan Blu-Ray. Semuda jenis media penyimpanan ini masih memiliki karakteristik yang hampir sama, perbedaan yang paling menonjol hanya terletak pada kapasitas penyimpannya, sedangkan cara penggunaan, penyimpanan, dan perawatannya tetaplah sama.

Membeli kepingan CD/DVD.
  • Perhatikan warna pada lapisan pemantul. sangat dianjurkan untuk memilih merk CD/DVD yang lapisan pemantulnya berwarna silver (perak) atau agak keemasan. Usahakan untuk tidak memilih merk CD/DVD dengan lapisan pemantul yang berwarna-warni (biru, merah apalagi hitam). Lapisan pemantul ini berperan dalam pembacaan data dari CD/DVD yang telah ditulis. CD/DVD yang berwarna-warni akan susah saat dibaca dari pada CD/DVD dengan lapiran pemantul berwarna perak atau keemasan.
Menulis data pada CD/DVD.
  • Bakar (Burn) di bawah kecepatan maksimal. Jangan pernah mem-burning CD/DVD dengan kecepatan maksimum seperti yang tertulis pada label CD/DVD. Jika Anda ingin menguji kepingan CD/DVD, silahkan gunakan tools yang disediakan software CD/DVD burner. Seringkali meskipun pada label tertulis 52x , biasanya berdasarkan hasil pengujian sortware burner, nilai kecepatan tulis kurang dari nilai maksimal yang tertera pada label. Pilih kecepatan burning 10x, 12x, 16x pada waktu proses burning. Selain hal ini akan lebih menjamin kesuksesan dalam menulis data pada CD/DVD, hal ini juga dapat mengantisipasi apabila CD/DVD tesebut akan dibaca dari device CD/DVD ROM dengan spesifikasi baca (read) lebih rendah. 
  • Jangan menulis data hingga 100% kapasitas maksimum. Usahakan ketika besar data yang akan ditulis tidak sampai sampai penuh 100%,  hal ini selain akan mengakibatkan penulisan lebih lama, juga menimbulkan resiko kerusakan data karena CD/DVD tertulis hingga tepian, sedangkan daerah tepi CD/DVD ini rawan sekali rusak bila penyimannnya tidak benar. Berilah ruang kosong (free space) beberapa mega byte.
Merawat dan Menyimpan CD/DVD.
  • Simpan kepingan CD/DVD dalam plastik/wadah khusus. Tujuan utamanya adalah untuk menghindari debu atau goresan. Tempatkan wadah penyimpan tersebut di tempat yang kering, gelap, dan tidak lembab atau terkena sinar matahari langsung. Tempat yang lembab dapat memicu tumbuhnya jamur, sedangkan sinar matahari langsung juga dapat merusak lapisan pemantul.
  • Saat akan mengambil atau menggunakan CD/DVD, jangan sentuh bagian sisi datanya. Cara yang paling aman adalah gunakan jari telunjuk dan masukan ke lubang ditengah CD/DVD.
  • Jangan menulis label CD/DVD dengan pulpen, pensil, atau alat tulis lain yang kemungkinan dapat menggores permukaan label. Gunakan usahakan dengan spidol permanent untuk menulis pada bagian labelnya. Akan lebih baik jika bagian label dilapisi dengan stiker label yang berkualitas cukup baik.
  • Sebelum memasukan CD/DVD pada reader, biasakan untuk membersihkan sisi data (sisi mengkilap) dari debu dengan gunakan kain halus(yang biasa untuk membersihkan kacamata). Hindari penggunaan kertas tisu atau baju untuk membersihkannya, hal ini dapat mengurangi kemungkinan munculnya goresan/cacat fisik pada keping CD/DVD.

1 komentar:
Write komentar

Maaf sebelumnya bila ,coment Anda tidak langsung kami balas . karena kesibukan . dan keterbatasan kami . terima kasih atas kunjungannya dan commentnya semoga tambah maju