Halaman

Rabu, 23 November 2011

Cara mereset Printer Epson C90

 


Buat anda yang menggunakan printer dengan merk Epson terutama tipe C90, mungkin sudah banyak yg pernah mengalami yang namanya blinking. Blinking pada printer ini biasanya ada 2 jenis.
  1. Yang pertama blinking karena counter telah mencapai batas maksimalnya (100%). Counter ini sepertinya memang dipasang oleh produsen salah satu fungsinya sebagai pengingat (alarm) bahwa printer sudah mencapai kerja puncaknya. Namun hal ini bukan berarti kita tidak bisa mengembalikan lagi nilainya ke 0 %, kita bisa mengembalikan lagi nilai counter tersebut yaitu dengan cara melakukan reset (clear) counter dengan menggunakan software yang dibuat oleh produsen. Saya juga dapatnya dari internet hehehe.
  2. Blinking jenis kedua biasanya penyebabnya diluar dari counter. Misal catridge tidak terdeteksi, atau selang (yang menggunakan infus) menghalangi jalur catridge, tabung tinta kosong, dan lain-lain.
Beberapa kali pengalaman saya mereset tipe ini, ciri utama kalau terjadi blinking akibat counter penuh yaitu pada saat printer dinyalakan, catridge tidak bergerak, lampu led power nyala namun ada led merah (kalo ggak salah) yang nyala juga.Apabila kondisinya seperti itu, biasanya karena counter yang penuh. Namun apabila Catridge sempet ada gerakan biasanya bukan karena counter namun karena hal lain seperti dijelaskan di atas.
Tutorial yang akan saya jelaskan yaitu mengatasi Blinking yang jenis Pertama. Langsung saja, untuk Mereset counter Epson C90 syarat mutlaknya kita harus memiliki software reseternya. Apabila anda belum memilikinya anda dapat mendownloadnya.
Software resetter printer Epson C90 DOWNLOAD disini

Ketentuan sebelum reset printer :
1. Driver printer epson c90 sudah terisntall dengan benar.
2. Pastikan printer terhubung ke komputer atau laptop dengan baik.
3. extarct soft applikasi resetter tadi yang baru di download.
4. set tanggal system / windows ke posisi tanggal  15 Juli 2007

Langkah - langkah Diagnostic dan reset :
1. Masuk ke folder extarct applikasi reset tadi, double klick file adjprog.exe, muncul :

2. klick Accept. muncul:


 
3. Pilih Particular adjustment mode.
4. Pilih wast ink pad counter 




5. klick ceck


6. Klik ok. Muncul konfirmasi bahwa pad counter sudah dibaca

7. klick OK



 
pada gambar terlihat bahwa pad memiliki nilai 1538 point sedangkan maksimalnya yaitu 7800 point. Artinya counter belum mencapai 100% atau belum penuh.
8. Jika nilainya sama dengan nilai max atau dalam persentase (di bawahnya) 100%
    berarti harus direset.
9. ntuk mereset klik Initialization.
10.  Nanti anda disuruh untuk mematikan printer, dan kemudian menghidupkannya lagi.
11. Ikuti petunjuk yang muncul.
12. Kemudian disuruh untuk check lagi, nah liat apakah nilainya udah 0% ??
kalo sudah berarti printer kita sudah berhasil direset. Keluarin software resetnya dan rubah kembali tanggal   komputernya.

selamat mencoba semoga berhasil ......!!!
Comment Kami tunggu.....!!!!!!

Tidak ada komentar:
Write komentar

Maaf sebelumnya bila ,coment Anda tidak langsung kami balas . karena kesibukan . dan keterbatasan kami . terima kasih atas kunjungannya dan commentnya semoga tambah maju